Selasa, 08 Januari 2013

Bahasa dan Wujud Identitas Suatu Bangsa



Bahasa adalah simbul komunikasi. Dengan bahasa, manusia dapat saling memahami satu sama lain. Dengan bahasa pula, manusia dapat menerjemahkan apa yang ada dalam otaknya. Bahkan dengan bahasa pula, manusia bisa memperolah ilmu pengetahuan dan dapat mentransfer pengetahuannya kepada orang lain. Lebih dari itu, ilmu pengetahuan yang kemudian akan berubah menjadi tegnologi modern, juga diterapkan melalui simbul-simbul bahasa.


Bahasa juga bisa dikatakan sebagai identitas suatu bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa bisa dilihat dari perkembangan suatu bahasa. Etika dan sopan santun sebuah bangsa juga dapat dilihat dari pemakaian bahasa dalam kehidupan sehari hari.

ini terlihat dari bahasa jawa yang bertingkat, yang sangat terpengaruh oleh sistem kasta. Tentu ini erat kaitannya dengan peradaban Buda Hindu yang menguasai Nusantara tempo dulu.

Maka, berbanggalah Anda dengan bahasa Indonesia. Bahasa nenek moyang dan merupakan identitas diri Anda. Bahasa yang sat ini mulai dikenal di seluruh penjuru dunia. Bahasa yang kelak akan mampu menyaingi  bahasa-bahasa lain di muka bumi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar